fbpx

Pencatatan Sipil Perkawinan Beda Agama di Luar Negeri

Share

Perkawinan Beda Agama – Pengertian Perkawinan dalam Hukum Nasional mengandung unsur ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri. Perjanjian dengan pengucapan janji itu memiliki tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal. Hal yang paling penting terkait perjanjian pernikahan di Negara yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila bahwa pernikahan itu didasari dengan nilai-nilai agama yang berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa.

Perkawinan Beda Agama

Mengupas sah tidaknya perkawinan beda agama yang dilangsungkan Indri WNI dengan Erick WNA di kantor catatan sipil di Amerika dalam Hukum Perkawinan Nasional. Sekurang-kuranya, harus dilihat dari terpenuhi atau tidaknya pengertian umum tentang perkawinan yang diatur dalam UU No. 1 Tahun 1974 dan turunan pelaksananya pada PP No 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan UU No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

Status sah atau tidaknya perkawinan beda agama yang dilangsungkan Indri di Luar Negeri dapat ditelaah dari Pasal 56 ayat (1) Perkawinan yang dilangsungkan diluar Indonesia antara dua orang warganegara Indonesia atau seorang warganegara Indonesia dengan warganegara Asing adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum yang berlaku di negara dimana perkawinan itu dilangsungkan dan bagi warganegara Indonesia tidak melanggar ketentuan-ketentuan Undang-undang ini.

Oleh karena Indri adalah WNI seharusnya mengikuti aturan PERPRES Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil. Pada Bagian Pencatatan Perkawinan, Pasal 38 Ayat (1) Indri wajib melaporkan perkawinannya dengan Erick kepada Perwakilan Republik Indonesia di Amerika. Dalam hal ini Perwakilan Republik Indonesia adalah Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, dan Konsulat Republik Indonesia.

PERPRES Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil

Sebelumnya Indri harus mengurus surat kutipan akta perkawinan yang dikeluarkan dari Pemerintah Amerika Serikat yang sah. Sebab dokumen tersebut adalah persyaratan yang akan diminta oleh Kantor Kedutaan selain dolumen perjalanan Indri sendiri.

Seandainya, di negara bagian Amerika Serikat tempat berlangsungnya perkawinan Indri ternyata tidak menyelenggarakan pencatatan perkawinan bagi Orang Asing. Maka, Indri harus memastikan dapat memperoleh surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama atau penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang menyelenggarakan perkawinan beda agama tersebut. Selain itu juga melampirkan dokumen perjalanan nya.

Apabila Indri telah mendapatkan bukti pelaporan perkawinan nya dengan Erik dari Kantor Perwakilan/Kedutaan Indonesia tersebut. Maka Perkawinan Beda Agama Indri dengan WNA Erik sudah sah dimata Hukum Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil alias sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

John Ganesha Siahaan

Kelahiran Belinyu tertarik pada isue demokrasi, pembaharuan hukum dan pengawasan kebijakan publik. Aktif sebagai pekerja bantuan hukum dan Penggiat Ekonomi Kreatif pada Pengembangan Industti 4.O

You may also like...

5 Responses

  1. JasonOpefs says:

    lasix dosage: buy furosemide online – buy lasix online

  2. JasonOpefs says:

    paxil for premature ejaculation: cheap paxil – paxil

  3. Austinsit says:

    2x ETHEREUM: Wanna Double Your BTC to the Moon?
    A section of the Moon ETHEREUM Live website shows the scheme’s promise to double your ETHEREUM in 24 hours.
    Click to : https://ether2x.net

  4. tolterodine without a doctor prescription tolterodine 2 mg onlinehow to buy tolterodine tolterodine coupon

Leave a Reply

Your email address will not be published.