fbpx

Pengacara Peserta Ujian Ombudsman Resmi Layangkan Somasi ke ORI dan LPTUI

Share

Tim Advokasi PDKPBABEL melalui Siaran Persnya menyatakan pada tanggal 23 Maret 2020 kemarin telah mengirimkan surat somasi yang ditujukan kepada Pimpinan Ombudsman RI dan Ketua Lembaga Psikolodi Terapan UI di Jakarta.

Ketua Tim Advokasi Korban Ujian Ombudsman John Ganesha mengatakan telah melakukan serangkaian investigasi, penelusuran fakta hukum dan kajian peraturan perundangan serta pengumpulan keterangan dari pihak yang berhubungan dengan permasalahan ini.

Dalam somasi tertulis batas tengat waktu 14 (Empat Belas) hari bagi tersomir untuk mengindahkan permintaan yang diajukan oleh 2 (dua) orang klien pemberi kuasa. Dalilnya adalah tentang perlindungan hak setiap orang untuk dapat turut serta dalam pemerintahan, melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik dan pemerintahan yang baik, serta hak konstitusional mendapatkan pekerjaan dan pengembangan dirinya.

Kerugian materi yang diajukan dalam permasalahan ini adalah mengenai biaya yang dikeluarkan peserta seleksi untuk pengurusan kelengkapan persyaratan administrasi rata-rata sebesar 700rb, Akomodasi mengikuti proses ujian (termasuk tiket pesawat peserta yang tinggal diluar bangka), belanja bahan belajar/buku.

Pertemuan Tim Advokasi PDKPBABEL dengan Pimpinan Ombudsman di Jakarta November 2019

Kemudian sesuai dengan ketentuan didalam KUHPerdata, yang merupakan kenikmatan / keuntungan yang seharusnya dapat diperoleh peserta dihitung dengan mengacu pada jumlah penghasilan yang diteriima Kepala Perwakilan Ombudsman RI sesuai Perpres 60 tahun 2017 adalah senilai Rp. 11,6 Juta perbulan untuk masa jabatan 5 Tahun.

Secara khusus, tim advokasi pun telah mempersiapkan ahli yang karena keahliannya dapat menerangkan bahwa ujian Profile Asesment merupakan instrumen pemeriksaan dan penilaian psikologi yang dapat mengungkap latar belakang fakta personal (peserta).

Secara umum, pendekatan hukum yang digunakan Tim Advokasi Korban Ujian Ombudsman adalah Kitab Hukum Perdata sebagaimana disebutkan pada pasal 1365 KUHPerdata bahwa tiap perbuatan melawan hukum yang menerbitkan kerugian pada orang lain, mewajibkan orang karena salahnya untuk menganti kerugian tersebut. Jelas Berry Aprido Putera, SH Advokat yang akan tampil di Pengadilan Negeri jika perkara ini berlanjut.

Kantor Perwakilan Ombudsman RI di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung

Selain Berry Aprido Putera, SH juga terdapat 2 pengacara senior yakni Rostam Rahmad SH dan M. CHoirie, SH yang menangani perkara ini. Tim Advokasi menentukan Kantor Perwakilan Ombudsman RI yang berada di Jl Ahmad Yani Pangkalpinang sebagai domisili Pimpinan Ombudsman RI sehingga katanya ketika somasi ini tidak ditanggapi maka Pendaftaran Gugatan akan diadakan di Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang.

Sedangkan permintaan yang disampaikan dalam somasi adalah agar LPTUI melakukan advokasi penurunan passing grade kelulusan peserta. Kemudian kepada Pimpinan Ombudsman RI dimintakan agar menentukan salah seorang dari peserta untuk dilantik sebagai Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung. Demikian penjelasan John Ganesha Siahaan Ketua Tim Advokasi PDKPBABEL untuk Korban Ujian Ombudsman RI 2019.

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...