fbpx

Pelayanan Yang Membahagiakan menurut Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang

Share

Pelayanan yang membahagiakan, demikian judul materi Darwin Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang saat diundang Perkumpulan PDKPBABEL sebagai narasumber dialog interaktif Wawasan Kenegaraan melalui Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kota Pangkalpinang.

Diacara ini, Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang memperkenalkan konsep Pelayanan Yang Membahagiakan. Ia mengajak warga kota Pangkalpinang untuk tidak enggan datang ke dinas dukcapil secara langsung mulai dari pengurusan surat lahir sampai dengan surat kematian. Tidak perlu lagi ada calo katanya.

Darwin menceritakan sejak tahun 2019, layanan Dukcapil Kota Pangkalpinang telah berevolusi, jika sebelumnya membuat KTP dalam hitungan 1 minggu bahkan lebih kini cukup hitungan menit. Ia mengaku diperintahkan oleh Walikota Pangkalpinang untuk menjalankan layanan Adminduk yang mudah (tidak ribet), cepat dan gratis.

Karenanya, Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang meminta bantuan seluruh narasumber Dialog Interaktif elPDKPBABEL yakni DR Ibrahim Sfil, Msi, Shulby Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung, Pastur Hans Jeharut,  Pemuka Confucius Js Sugianto Tjandra, Ustad Masmuni Mahatma, KPU, dan PT PLN untuk membantu mensosialisasikan Pelayanan Yang Membahagiakan Dukcapil Kota Pangkalpinang kepada masyarakat, pelanggan, partai politik, mahasiswa atau jemaat binaan keagamaan.

Menanggapi hal ini, John Ganesha Siahaan selaku Ketua elPDKPBABEL menyambut baik keberhasilan Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang. Sebagai pelayan publik, Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang menurutnya perlu menjaga kecepatan dan kemudahan layanan administrasi kependudukan, sehingga warga dapat merasakan bahwa ia sedang dilayani dengan baik.

Sementara, yang menjadi sasaran elPDKPBABEL dijelaskan John Ganesha Siahaan adalah membangun kesadaran administrasi penduduk yang berwawasan kenegaraan. ElPDKPBABEL, menemukan ide Pelayanan Publik tidak dimaknai warga sebagai partisipasi publik dalam penyelenggaraan negara. Hal ini disebabkan minimnya literasi tentang negara dalam ruang publik (dalam hal ini Media Sosial).

“Dialog ini ditujukan untuk memperkaya wawasan kenegaraan. Kali ini dalam ide Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Bukan hanya kepada warga, tapi semua sepanjang mereka mau mengikuti dialog interaktif ini”

John Ganesha Siahaan – Ketua el-PDKPBABEL
Pelayanan Yang Membahagiakan menurut Kadisdukcapil Kota Pangkalpinang

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...