fbpx

PDKPBABEL Minta Atensi MENDAGRI tentang Pilkades Bangka

Share

Perkumpulan PDKPBABEL minta Atensi Mendagri dalam penyelesaian sengketa tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Bangka. Surat dikirimkan kemarin, dengan melampirkan testimoni dari bakal calon kepala Desa Sempan yang telah ditetapkan tidak lulus seleksi sebagai calon kepala desa.

Ketua Perkumpulan PDKPBABEL John Ganesha Siahaan menyebutkan Atensi Mendagri dibutuhkan untuk memastikan perlindungan pemerintah terhadap hak asal usul dan tradisi masyarakat desa dalam mengurus desanya. Ketentuan syarat tambahan Bakal Calon Kepala Desa yang diterbitkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri , Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati Bangka telah terbukti menimbulkan konflik kepentingan warga desa.

“PDKPBABEL ini organisasi bantuan hukum, warga (Pemohon) yang tidak tahu cara memperjuangkan perasaan keadilannya melalui sistem hukum, sepanjang uraian peristiwa dan fakta telah cukup maka sepatutnya kami memberikan pendampingan kepada pemohon tersebut”

John Ganesha Siahaan, Ketua Perkumpulan PDKPBABEL

Menurut Ganesha, pada lingkup desa tingkat kekerabatan antar individu sangat erat, berbeda dengan kota maupun kelurahan. Hubungan corak ekonomi sebagai mata pencaharian penduduknya tidak serumit diperkotaan. Karenanya Desa merupakan persekutuan perdata (geimenschaft) yang disebut dengan kesatuan masyarakat hukum. Pada saat terjadi perselisihan diantara warga desa, resikonya terjadi perpecahan.

Konflik keretakan tersebut diidentifikasi John Ganesha Siahaan sebagai salah satu pemicu lemahnya dukungan warga desa terhadap pembangunan desa pasca pemilihan kepala desa. Pada level desa yang terbatas pada luas wilayah dan pemukiman penduduk yang sempit. Perpecahan kekerabatan tersebut pada akhirnya merambah pada investasi yang masuk ke pedesaan, penguasaan lahan, pembagian pupuk. bantuan sosial dll.

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...