fbpx

Negosiator PDKPBABEL Ajukan Perundingan dengan Manajemen Rumah Sakit

Share

Setelah mempelajari permohonan bantuan hukum seorang ibu pekerja, negosiator PDKPBABEL kirimkan surat undangan negosiasi dengan pihak manajemen salah satu rumah sakit ternama di Sungailiat Kabupaten Bangka. Perselisihan hubungan kerja ini berawal saat pandemi covid19 telah dinyatakan sebagai Bencana Nasional ditahun 2020. Diceritakan oleh pemohon bantuan hukum bahwa Rumah Sakit mengadakan kebijakan merumahkan sejumlah karyawan. .

Negosiator PDKPBABEL, Ahmad ALbuni SH menjelaskan negosiasi adalah salah satu Hak yang diberikan UU Bantuan Hukum No 16 Tahun 2011 kepada PDKPBABEL sebagai Organisasi Bantuan Hukum Terakreditasi Kementerian Hukum dan HAM RI. Oleh karena pemohon adalah warga tidak mampu maka sumber anggaran jasa hukum negosiator PDKPBABEL ditanggung oleh APBN.

Menurut negosiator PDKPBABEL, penyelesaian perselisihan ketenagakerjaan diluar pengadilan hubungan industri ini tetap mengacu pada ketentuan perundangan ketenagakerjaan. Kepentingan terbaik bagi kliennya (Pemohon) menjadi acuan bagi negosiator mengadakan opening gambit termasuk tawaran opsi konsesi kepada Manajemen Rumah Sakit .

Saat ini, pemohon telah memberikan gambaran tawaran awal dengan mengacu pada perhitungan yang telah dibuat oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bangka. Yakni

  • Pesangon sebesar Rp. 29.070.212;
  • Penghargaan Masa Kerja Rp.. 12.920.094;
  • Penggantian Hak sebesar Rp. 6.298.546
  • Total Rp. 48.288.853

Namun negosiator PDKPBABEL menilai anjuran disnaker tersebut masih menyisakan beberapa hak kliennya. Disisi lain negosiator memperkirakan manajemen rumah sakit akan mengarusutamakan alasan pandemi covid19 sebagai bencana nasional. Ia mengakui norma UU Ketenagakerjaan mengakomodir situasi keadaan memaksa memungkinkan perusahaan melakukan efisiensi.

Kini situasi pandemi covid19 sudah landai, bisa jadi manajemen rumah sakit sudah sehat keuangannya”

Ahmad Albuni, SH

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...