fbpx

Menggagas BLT Bagi Debitur Leasing dan Bank

Share

Perkumpulan PDKPBABEL adalah satu-satunya LBH yang mengambil peran pendampingan hukum bagi debitur terdampak pandemi covid19 dalam negosiasi restrukturisasi kredit dengan bank maupun perusahaan pembiayaan. Tidak tanggung-tanggung jumlah klien PDKPBABEL mencapai 228 debitur.

Beberapa hari yang lalu Juru Bicara Tim Advokasi PDKPBABEL, John Ganesha Siahaan berhasil bertemu dan dialog dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, inti pembicaraan adalah tentang perlunya program bantuan yang dapat diakses oleh debitur yang terdampak pandemi covid19.

https://langitbabel1.com/materi-legal-opinion-pdkpbabel-untuk-menkop-teten-masduki/

John Ganesha mengatakan kepada Menkop Teten bahwa pandemi telah menciptakan keadaan Hardship, yang perubahan kemampuan rantai pasok atau jaringan usaha debitur.

Ia mencontohkan sejumlah pelaku usaha jasa rental mobil di belitung kehilangan pemasukan lantaran penghentian aktifitas perkantoran dan perhotelan, sementara hanya itulah satu-satunya sumber pemasukan debitur untuk membayar angsuran mobil.

Atau sejumlah pebisnis jual beli tandan buah segar mengalami penghentian pasokan dari petani lantaran tidak melakukan aktifitas pemanenan, truk pengangkutan meletakan kenaikan tarif, bahkan pabrik menurunkan atau menghentikan permintaan pasokan.

Dilaporkan John Ganesha, posisi debitur akan semakin terpuruk setidaknya depresi jika kendaraan atau agunannnya akan dieksekusi baik melalui mekanisme pengadilan, dibawah tangah juga eksekusi paksa.

Ia berharap Kementerian Koperasi dan UKM dapat membuka skema bantuan langsung tunai kepada debitur yang belum mendapatkan persetujuan restrukturisasi kredit dari Bank dan Leasing.

Sejauh pengamatan John Ganesha, beberapa Debitur mengaku dirinya tidak mendapatkan program BLT karena tidak sesuai dengan kriteria target penerima BLT.

Kebanyakan mereka dinilai sebagai warga mampu dilingkungannya, dan selama ini belum mendaftarkan usaha dan dirinya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

John Ganesha Siahaan

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...