fbpx

KPI Bisa Awasi Konten Netflix dan YouTube

Share

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Melalui Ketua KPI Agung Suprio Berencana akan melakukan pengawasan terhadap konten Netflix dan Youtube, hal tersebut dikarenakan perkembangan zaman generasi digital yang mulai beralih dari media konvensional (Televisi dan Radio) ke media baru seperti Netflix dan Youtube.

Mungkinkah KPI Bisa Awasi Konten Netflix dan YouTube yang beredar dalam kehidupan privacy warganet?

Rencana KPI Ini dianggap oleh beberapa kalangan sebagai bentuk melampaui kewenangan (Detournement de pouvir) dalam Undang-undang 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran yang mengatur KPI melakukan pengawasan terhadap jasa penyiaran televisi dan Radio.

Bahkan dalam situs Change.org terdapat Petisi yang berjudul Tolak “KPI Awasi Youtube, Facebook, Netflix!” yang dibuat oleh Politisi PSI Dara Nasution dan telah ditandatangani sebanyak 38 Ribu orang dari 50 ribu tanda tangan yang dibutuhkan.

Lalu bagaimana sebenarnya Undang-undang 32 Tahun 2002 Mengatur mengenai penyiaran dan apakah pengawasan KPI hanya untuk Penyiaran melalui televisi dan Radio?

Penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersama masyarakat dengan perangkat penerima siaran dan jasa penyiaran terdiri atas jasa penyiaran Radio dan Televisi. ( Vide: Pasal 1 angka 2 dan Pasal 13 angka 1 Uu 32 tahun 2002 tentang Penyiaran).

” Penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran. ” Pasal 1 Angka 2 UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

KPI adalah lembaga negara yang bersifat independen yang ada di pusat dan di daerah yang tugas dan wewenangnya diatur sebagai wujud peran serta masyarakat di bidang penyiaran. (Vide: Pasal 1 Angka 13 Uu 32 tahun 2002 tentang penyiaran)

Berdasarkan bunyi Undang-undang 32 Tahun 2002 diatas jelas menyebutkan bahwa jasa penyiaran terdiri atas televisi dan radio. Secara gampang yang dimaskud Televisi adalah media komunikasi massa dengar pandang (audio visual) dan Radio adalah media komunikasi massa dengar (audio)

Lalu apakah Netflix dan Youtube ini termasuk media Audio visual?
Merujuk pada situs Wikipedia Netflix adalah layanan media streaming layanan berlangganan digital yang mana ditawarkan secara online dan dengan beberapa program film televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri sedangkan Youtube adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Pengertian Netflix dan Youtube diatas secara eksplisit diartikan bahwa termasuk dalam media komunikasi massa dengar pandang.

Tentu sangat beralasan jika KPI bahwa Konten Netflix dan Youtube dalam ranah digital termasuk ranah KPI sebagai pelaksana peraturan dan pedoman perilaku penyiaran serta standar program siaran untuk menjamin masyarakat memperoleh informasi yang layak dan benar.

Rencana KPI ini tentunya patut diapresiasi dalam menjaga watak diri bangsa dari Konten-Konten yang dapat merusak generasi bangsa indonesia.

Menurut Penulis Langkah yang dapat dilakukan oleh KPI adalah dengan melakukan Judicial Review Pasal 13 angka 1 dan 2 Undang-undang 32 Tahun 2002 tentang penyiaran dimaknai tidak hanya Jasa Penyiaran Radio dan Televisi .

Mahkamah Konstitusi dibatasi sebagai Negative Legislator dimana hanya bisa menyatakan isi suatu norma apakah bertentangan atau tidak dengan Undang-undang dasar 1945.

Namun sebagai penjaga konstitusi dalam putusannya juga beberapa kali MK sebagai Positif Legislator / membuat norma baru. Contoh putusan MK No: 21/PUU-XII/2014 yang membuat norma baru bahwa Penetapan Tersangka termasuk dalam Objek Praperadilan.

You may also like...

7 Responses

  1. j.mp says:

    I’m not sure exactly why but this blog is loading very slow for me.
    Is anyone else having this issue or is it a issue on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

  2. Thanks a bunch for sharing this with all people you really realize what you’re speaking approximately!
    Bookmarked. Kindly also consult with my website =).
    We could have a hyperlink exchange contract among us

  3. or asmr says:

    It’s going to be finish of mine day, but before end I am reading this enormous article to improve my knowledge.

  4. this asmr says:

    you are in reality a excellent webmaster. The site loading pace is
    amazing. It sort of feels that you are doing any unique trick.
    In addition, The contents are masterpiece. you have performed a great job in this topic!

  5. asmr on says:

    I love your blog.. very nice colors & theme.
    Did you design this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz respond as I’m looking to create my own blog and would like
    to find out where u got this from. appreciate it

  6. Wow that was strange. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment
    didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over
    again. Anyways, just wanted to say excellent blog!

  7. 0mniartist says:

    Hello there! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.
    Your blog provided us valuable information to work on. You have done a extraordinary job!

    0mniartist asmr

Leave a Reply

Your email address will not be published.