fbpx

Istilah Fungsionalisme Konflik Coser

Share

Fungsionalisme Konflik – Lewis Coser adalah seorang sosiolog yang menghubungkan antara fungsionalisme struktural dengan Teori Konflik. Tujuannya, Coser ingin menggali pemahaman tentang konflik sosial. Coser berusaha menemukan apakah yang menjadi tujuan dari pada aktor dalam suatu situasi konflik. Sebab, sering ditemukan konflik yang diakhiri dengan kekerasan dan tidak memiliki tujuan yang jelas.

Istilah situasi konflik ini disebut Lewis Coser dengan Fungsionalisme Konflik. Beberapa asumsi tentang fungsionalisme konflik ini adalah :

  1. Konflik dapat meningkatkan penyesuaian sosial, pengintegrasian dan adaptasi;
  2. Intensitas konfllik dihubungkan dengan keberadaan intusi keamanan, toleransi dari pihak yang berlawanan, tingkat mobilitas sosial dan kesetiakawanan dari kelompok yang berlawanan.

Dengan asumsi tersebut, kondisi fungsionalisme konflik akan menentukan bagaimana intensitasnya dapat berkembang menjadi kekerasan. Pertama, konflik realistis yakni isu yang muncul adalah realistis dan ditemukan tujuan tujuan yang dapat dikompromi. Kedua, Konflik tidak realistis karena memang isu yang muncul adalah tidak reaistis,sehingga konflik difungsikan secara nonrealistis pula.

Contoh Fungsionalisme Konflik

Contohnya adalah tawuran dengan aktor kunci remaja pelajar SMP/SMA yang membawa senjata tajam dan melakukan penyerangan kepada kelompok lain hanya lantaran jam pulang sekolah adalah hampir sama disetiap sekolah dan terjadi pengumpulan massa pelajar, hanya dipicu “tatapan – tatapan mata” (Non Realistis) terjadi perkelahian masal sebagai cara memfungsionalkan konflik secara non realistik.

John Ganesha Siahaan

Kelahiran Belinyu tertarik pada isue demokrasi, pembaharuan hukum dan pengawasan kebijakan publik. Aktif sebagai pekerja bantuan hukum dan Penggiat Ekonomi Kreatif pada Pengembangan Industti 4.O

You may also like...

2 Responses

  1. Hi, I think your site might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Opera, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.

    I just wanted to give you a quick heads up! Other then that,
    awesome blog!

  2. bitly.com says:

    Hi there! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where I could get a captcha plugin for my
    comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m
    having difficulty finding one? Thanks a lot!

Leave a Reply

Your email address will not be published.