fbpx

HMI Komisariat Pertiba Cabang Bangka Belitung Berikan Pembinaan Kreativitas Bagi Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang

Share

Langitbabel-Pangkalpinang🇲🇨Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangka Belitung Komisariat Pertiba melakukan pembinaan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, pada hari Jum’at, 21/02/2020

dalam kesempatan ini di ikuti oleh para kader HMI yang tergabung dalam HMI Cabang Bangka Belitung, yaitu HMI Komisariat Pertiba, HMI Komisariat Tarbiyah, HMI Komisariat Syahada, dan ada Mahasiswa yang belum termasuk kader HMI juga turut serta untuk memberikan pembinaan kepada anak didik tersebut.

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana, Amd.IP, S.sos yang pada kesempatan ini di wakili oleh Kepala Seksi pembinaan yaitu Zarpian dalam pembukaan acara.

“terimakasih kepada para Kader HMI Cabang Bangka Belitung yang telah bersedia meluangkan waktu untuk bisa memberikan pembinaan terhadap anak-anak kami disini. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami terhadap kepedulian pemuda-pemudi HMI Cabang Babel yang mana telah ikut serta dalam memberikan sentuhan membina generasi penerus bangsa yang saat ini singgah dan menimba ilmu di LPKA Kelas II Pangkalpinang”. ucapnya.

Tema yang kali ini adalah tentang UMKM dengan tujuan dapat memberikan pemahaman kepada adik-adik yang ada disini bahwa sekecil apapun peluang yang ada jika ditekuni maka dapat memberikan kesempatan untuk meraih kesuksesan.

Khoirussoleh selaku Ketua Umum HMI Komisariat Pertiba menjelaskan, Ini perdananya kami datang dan memberikan pembinaan bagi adik-adik di LPKA Kelas II Pangkalpinang. Hari ini kami melihat apakah adik-adik ini bersemangat mengikuti kegiatan ini, jika memang bersemangat maka kedepannya kami akan melaksanakan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin kami dengan beragam kegiatan lainnya, hingga nanti mereka bisa membangun potensi tersebut ketika keluar dari LPKA mereka bisa berguna untuk masyarakat.

“Sebenarnya banyak sekali peluang kita untuk berwirausaha, namun karena kurang memahami makna dan cara berwirausaha kebanyakan orang enggan untuk berwirausaha dan bahkan banyak yang memilih jalan pintas untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa memikirkan dampaknya. Mungkin adik-adik yang ada disini adalah sebagian dari itu, oleh sebab itu kehadiran kami disini ingin mengubah maenset mereka bahwa masih banyak cara dan jalan lain yang lebih baik tanpa harus merugikan orang lain”. tambah khoirussoleh

Terpisah, Nanang Rukmana selaku Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang sangat mengapresiasi kegiatan yang diberikan oleh kader HMI Cabang Babel kepada Andikpas, karena semakin banyak yang perduli dengan Andikpas maka akan semakin besar peluang keberhasilan LPKA Kelas II Pangkalpinang dalam rangka memberikan pembinaan terhadap Andikpas yang mana harapan kedepannya Andikpas yang pernah tinggal beberapa waktu di LPKA Kelas II Pangkalpinang bisa menunjukkan eksistensinya dilingkungan masyarakat saat sudah kembali kepada keluarga meraka.

Dalam pelatihan UMKM Makaroni ini, Andikpas dibagi kedalam empat kelompok yang setiap kelompok mempunyai tugas yang berbeda-beda, mulai dari menggoreng makaroni, pemberian bumbu makaroni, pengemasan/packing dan bidang pemasaran. Tak hanya itu, agar seluruh Andikpas memahami tugas setiap kelompok, setiap anggota kelompok diberikan kesempatan untuk pindah kelompok lainnya secara bergantian.

“Alhamdulillah kami senang sekali, dapat ilmu baru dan ternyata membuat makaroni hingga dikemas dan siap dijual itu tidaklah sulit, ujar Rico salah satu Andikpas”.

Usai kegiatan pembinaan kreativitas UMKM, acara dilanjutkan dengan foto bersama seluruh Andikpas dengan HMI Komisariat Pertiba Cabang Babel didampingi oleh Kasi Pembinaan.

You may also like...