fbpx

Nelayan Rahman Ajukan Upaya Hukum Tuntutan Ganti Rugi

Share

Tuntutan Ganti Rugi adalah salah satu bentuk upaya hukum yang sah dalam sistem hukum Indonesia. Demikian yang akan dilakukan Nelayan Rahman, pemilik kapal tangkap ikan yang tenggelam ketika melintasi mulut muara air kantung pada 13 Januari 2021 yang lalu.

Melalui kuasa hukumnya, Advokat Rostam Rahmad, SH dari LBH Perkumpulan PDKPBABEL disampaikan nilai kerugian materiil yang diderita hampir 300 Juta dan kerugian immateriil diajukan 1 Milliar.

Sesuai tata krama sengketa hukum, Roestam mengaku telah mengirimkan peringatan sebanyak 2 kali kepada Bupati Bangka dan Perusahaan. Namun, tidak ditanggapi baik dalam bentuk balasan surat maupun lisan.

Kesehariaannya Nelayan Rahman, kini terpaksa menjadi nelayan ABK diatas kapal nelayan orang lain. Bertahan hidup dan meniti kembali. Begitulah ekspresi semangat untuk bangkit dari keterpurukan seorang nelayan air kantung.

“mau bagaimana lagi, sudah 2 bulan menunggu pertanggungjawaban, tapi tidak ada tanggapan. Saya harus cari makan dan bertahan hidup, ikut dikapal kawan”

Nelayan Rahman
Nelayan Resah Kolong Air Kantung Tutup Sementara Nelayan Rahman ajukan Tuntutan Ganti Rugi didampingi PDKPBABEL
Nelayan Resah Kolong Air Kantung Tutup

Roestam, menunjukan 2 surat sanksi administrasi paksaan pemerintah kepada perusahaan yang berasal dari Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dan Kementerian Lingkungan Hidup RI. Advokat yang berdomisili di sungailiat ini, menyebutkan ke-2 surat tersebut menjadi alat bukti surat yang menerangkan bagaimana perbuatan melawan hukum perusahaan dan tidak berjalannya fungsi pengawasan yang dilakukan oleh pejabat publik.

Rencananya Mei 2021 ini daftar gugatan, supaya jelas apakah membuat dan membiarkan 2 bukit pasir dimulut muara itu ada, adalah kesalahan yang menempatkan nelayan rahman dan kapalnya berada dalam perairan yang bahaya. Faktanya kapal klien kami kandas dan tenggelam, ada kerugian.”

Advokat Roestam Rahmad, SH

Soal nilai ganti rugi yang diajukan Nelayan Rahman mencapai 1,3M, ditanggapi Roestam Rahmad sudah dilengkapi dengan data dan bukti. Selain itu, kuasa hukum akan membuktikan bahwa para termohon memiliki kemampuan finansial untuk mengadakan pertanggungjawabannya.

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...

3 Responses

  1. I’m not that much of a online reader to be honest but your
    blogs
    really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back down the road.

    Many thanks

  2. Gwendolyn says:

    First of all I would like to say terrific blog!

    I had a quick question in which I’d like
    to ask if you don’t mind. I was interested to find
    out how you center yourself and clear your head
    before writing. I’ve had difficulty clearing my mind in getting my thoughts out there.

    I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes
    are generally lost just trying to
    figure out how to begin. Any suggestions or tips?

    Kudos!

Leave a Reply

Your email address will not be published.