fbpx

elPKDKP Gelar Dialog Wawasan Kenegaraan

Share

Sebagai organisasi masyarakat sipil yang menaruh perhatian pada issue Pelayanan Publik sejak tahun 2002, elPDKP menggelar Dialog Wawasan Kenegaraan secara interaktif bekerjasama dengan Bangkapos dan PT PLN Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan Dialog Kenegaraan ini dijadualkan pada hari Kamis 29 Juli 2021 bertempat di Lantai 2 Bangkapos dan disiarkan Live melalui Halaman Facebook Bangkapos.

Ketua elPDKP John Ganesha Siahaan akan berperan sebagai Host dengan beberapa Narasumber Ahli diantara : Rektor UBB DR. Ibrahim S.Fil, M.Si, Kepala Perwakilan Ombudsman RI, Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Ketua Satgas Covid 19 dan Tokoh Keagamaan Masmuni (GP ANsor), Pastor Hans (Katholik), dan Tjandera SH (Konfucu).

“Kami (elPDKP), membuka ruang pemikiran tentang wawasan kenegaraan dalam penyelenggaraan pelayanan publik salah satunya Administrasi Kependudukan, seperti apa respon dan pengalaman narasumber ahli”

John Ganesha Siahaan, Ketua elPDKP

Bagian Humas PT PLN Wilayah Bangka Belitung, Pandhu mengatakan acara dialog ini diselenggarakan untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang pentingnya Administrasi Kependudukan. PT PLN menilai tertibnya Penyelenggaraan Adminduk akan memberikan manfaat bagi sejumlah layanan Kelistrikan, salah satunya untuk mempermudah PLN memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui Aplikasi Mobile PLN.

“Saya rasa, humas ada benarnya, minimnya literasi wawasan kenegaraan bisa jadi berdampak pada rendahnya kesadaran untuk membereskan administrasi kependudukan.”

Firman Saputra, Kordinator Acara Dialog Interaktif Wawasan Kenegaraan elPDKP

Ditambahkan oleh Pandhu, Dialog Administrasi Kependudukan kali ini tidak mengupas tentang perspektif kecepatan layanan, kemudahan layanan atau persyaratan layanan publik. Ia berharap melalui dialog interaktif ini dapat menambah kecakapan literasi masyarakat tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Dialog Wawasan Kenegaraan dalam Administrasi Kependudukan
Dialog Wawasan Kenegaraan dalam Administrasi Kependudukan

Selain melalui dialog interaktif, perluasan diskusi wawasan kenegaraan ini akan diperluas oleh elPDKP melalui kegiatan penyuluhan hukum Kementerian Hukum dan HAM RI. Sebagai organisasi pemberi bantuan hukum, pemberdayaan wawasan kenegaraan kepada masyarakat akan diadakan oleh eLPDKP dengan pendekatan filsafat hukum dan Teori Konstitusi.

“Memiliki Wawasan Kenegaraan, tidak berarti menghilangkan sikap kritis. Justru, sebaliknya akan membuat warga semakin jeli dan peduli terhadap negaranya. Ya, karena ia adalah warga dari negara itu.”

John Ganesha Siahaan, Host Dialog Interaktif Aku Adalah Warga dari Negaraku

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...