fbpx

Eksepsi Surat Dakwaan Tanpa Pasal 127 UU Narkotika

Share

Kemarin (15/8/2022) dakwaan terhadap perbuatan pidana Iqbal als Babal telah dibacakan Penuntut Umum Kejari Bangka Tengah didalam persidangan perkara Pengadilan Negeri Koba Nomor : 85/Pid.Sus/2022/PN Kba.

Seperti diberitakan banyak media online sebelumnya, Iqbal als Babal dihakimi dengan pemberitaan sebagai Bandar Shabu dan Pengedar Shabu di Bangka Tengah. Akan tetapi menyimak Eksepsi Kuasa Hukum Iqbal dari Organisasi Bantuan Hukum elPDKP. Dakwaan Pasal 114 Ayat (1) UU Narkotika (Pasal Bandar/Pengedar) tidak diuraikan secara cermat dan lengkap, karenanya Kuasa Hukum memohon Majelis Hakim menerbitkan putusan sela membatalkan dakwaan Pasal 114.

Eksepsi
Eksepsi PH Iqbal Keberatan dituduh Bandar Shabu

Kuasa Hukum Andira, SH menerangkan dasar hukum alasan keberatan terhadap dakwaan penuntut umum mengacu pada Buku Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Peradilan Edisi 2007 – BAB II Bidang Teknis Peradilan Pengadilan Negeri untuk Pemeriksaan Perkara Pidana dengan Acara Biasa – Angka 1.7 b dan 1.7c.

Alasan Eksepsi Mengenai Syarat Materiil Surat Dakwaan

  • Perbuatan yang didakwa harus jelas rumusan unsur-unsurnya (merupakan syarat mutlak yang apabila syarat ini tidak terpenuhi dapat berakibat batalnya surat dakwaan – (vide Pasal 143 Ayat 3 KUHAP);
  • Hal-hal yang menyertai perbuatan-perbuatan pidana itu yang dapat menimbulkan masalah yang memberatkan / meringankan.

Kuasa hukum keberatan dengan dakwaan yang hanya dibangun berdasarkan pengakuan tersangka didepan penyidik. Pada saat Iqbal menyebut nama orang yang dihubunginya untuk mendapatkan narkotika, menurut Andira keterangan iqbal bermakna dirinya membantu penyidik memutus rantai peredaran narkotika. Rupanya pertanyaan itu justru merugikan Iqbal dengan persangkaan Pasal 114 yang mengandung ancaman pidana paling singkat 5 tahun, jelas Andira.

“Klien kami sudah menyebut nama, tetapi penyidik belum berhasil menangkap, karena batas penahanan terhadap seseorang akan habis dan harus segera dipersidangkan, demi hukum klien kami dilepaskan dari sangkaan atau dakwaan Pasal 114”

Advokat Andira, SH
Pages: 1 2 3

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...