fbpx

Direksi Timah Diundang Membuat Pernyataan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan (Perlindungan HAM)

Share

Bicara Propinsi Kep. Bangka Belitung maka figur jajaran direksi dan komisaris PT Timah Tbk yang akan disahkan oleh Menteri BUMN Eric Tohir menjadi trend topik masyarakat lokal. Mereka dicita-citakan sebagai tokoh yang mengelola manajemen PT Timah Tbk agar dapat memberikan kontribusi aktif bagi pembangunan berkelanjutan di Bangka Belitung.

Prioritas minat usaha masyarakat bangka belitung terhadap pertambangan muncul setelah mengetahui usaha pertambangan mengandung nilai ekonomis yang tinggi sekalipun memiliki resiko tinggi pula. Momentum itu terjadi sejak reformasi 1998 menghasilkan prinsip perekonomian disusun dengan konsep demokrasi, pada praktinya rakyat dapat turut menambang.

Direksi – komisaris yang tidak paham prinsip pertanggungjawaban HAM oleh Perusahaan, maka saya pribadi atau rakyat babel selalu punya jiwa untuk bersebrangan dengan rencana bisnis mereka.

Pernyataan Pemajuan Perlindungan Hak Asasi Manusia dalam Praktik Pertambangan PT TIMAH TBK

Setahun yang lalu, gerakan permintaan bagian saham daerah pada saham pemerintah pusat di PT Timah TBK begitu gencar dilakukan. Kabarnya Presiden Joko Widodo tidak keberatan dengan hal itu, Presiden RI yang paling paham tentang konsep demokrasi ekonomi ini menugaskan Gubernur Bangka Belitung agar berbicara dengan Menteri BUMN.

Harusnya, debat rakyat dan pejabat daerah Bangka Belitung terkini bukan lagi soal ada atau tidaknya saham daerah tetapi lebih kepada untuk apa deviden nanti digunakan. Membentuk Perda Prioritas Program Pembangunan Pemanfaatan Deviden Saham Pemerintah Propinsi Bangka Belitung di PT Timah Tbk adalah salah satu caranya.

Baca : Menitip Kriteria Direksi Komisaris PT Timah Tbk ke Menteri BUMN Eric Tohir

Akhir-akhir ini gerakan permintaan saham daerah itu begitu sunyi dan redup padahal sebelum RUPS PT Timah Tbk tanggal 10 Februari 2020 adalah momentum yang tepat untuk menegaskan kembali gagasan atau aspirasi ini menjadi pertimbangan Menteri BUMN Eric Tohir dalam melakukan rekruitmen dan penetapan pimpinan top level direksi dan komisaris di PT Timah Tbk.

Agar aspirasi ini tidak terhenti dan hilang perlahan-lahan, organ masyarakat bangka belitung perlu melakukan konsolidasi pemikiran dan tindakan. Masyarakat Bangka Belitung perlu mendengar penyataan komitmen direksi PT Timah Tbk mengenai pembangunan berkelanjutan di Bangka Belitung.

John Ganesha Siahaan

Kelahiran Belinyu tertarik pada isue demokrasi, pembaharuan hukum dan pengawasan kebijakan publik. Aktif sebagai pekerja bantuan hukum dan Penggiat Ekonomi Kreatif pada Pengembangan Industti 4.O

You may also like...